ROTASI.CO.ID – Dua merek fashion ternama, IKAT Indonesia by Didiet Maulana dan Lasouk, memutuskan berkolaborasi menghadirkan koleksi sajadah premium bermotif Ikat. Koleksi sajadah ini hadir dengan ukuran dan bahan yang mudah dilipat, sehingga memudahkan sajadah dibawa keman-mana. Koleksi sajadah ini resmi dipasarkan pada Juni 2020 ini.
Kolaborasi ini merupakan yang pertama bagi IKAT Indonesia. Diungkapkan Didiet, kolaborasi dengan Lasouk dilakukan karena adanya kebutuhan untuk membawa perlengkapan beribadah pribadi dalam menghadapi masa kenormalan baru (New Normal). Ukuran dan bahan yang mudah dilipat memudahkan sajadah untuk bisa dibawa sehari-hari. Kolaborasi Ikat Indonesia by Didiet Maulana X Lasouk sejatinya juga sebagai salah satu upaya mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.
Diceritakan Didiet Maulana pada saat press conference virtual yang digelar Kamis (18/6), ia bertemu dengan Nadja dan Heikal, pendiri dari Lasouk di Jakarta pada sebuah kesempatan. Lasouk telah sukses memikat banyak orang dengan konsep sajadahnya yang unik.
“Deretan koleksi sajadah mereka sukses diterima di berbagai negara dari Singapura, Malaysia, UAE, dan Indonesia. Sajadah Lasouk dianggap sebagai produk yang cantik dan inovatif. Lasouk mampu mengubah sajadah klasik menjadi sajadah kosmopolitan, memadukan tampilan visual yang apik dengan kenyamanan, fungsi, serta produk yang conscious, earth friendly,” terang Didiet.
Sementara itu, kekayaan budaya Indonesia telah menginspirasi Lasouk untuk memakai salah satu motif kain Indonesia sebagai motif terbaru sajadah mereka. Alhasil, perjumpaan Didiet dengan Lasouk berlanjut dengan diskusi produktif yang menghasilkan kesepakatan untuk melakukan co-branding lewat sebuah proyek kolaborasi, rangkaian sajadah bertema Tenun Ikat.
Melalui co-branding itu, Ikat Indonesia by Didiet Maulana dan Lasouk meluncurkan tiga koleksi sajadah spesial. Koleksi sajadah ini mengelaborasikan keindahan motif geometris nusantara, dengan harmoni warna natural, mengangkat kekayaan alam Indonesia, dan penuh keberagaman.
Koleksi sajadah Ikat Indonesia by Didiet Maulana X Lasouk ini disajikan dalam tiga desain. Pertama, Andjani Prayer Mat yang menggambarkan kesuburan tanah Indonesia dengan warna terakota yang membawa kehangatan. Andjani mengangkat motif tenun ikat dengan aksen yang menyatu melambangkan persatuan. Aksen ragam hias menyerupai tumpal di bagian tengah, adalah titik pusat yang menggambarkan keseimbangan dan harapan baik.
Kedua, Ghalia Prayer Mat yang mengilustrasikan keindahan negara kepulauan Indonesia dengan warna hijau kebiruan yang harmonis untuk membawa rasa sejuk. Aksen warna coklat yang berpadu dengan garis biru menggambarkan pesona bahari, dan motif ikat yang saling berkesinambungan melambangkan kepercayaan yang tulus.
Ketiga, Shabira Prayer Mat yang melukiskan langit senja indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa dengan sentuhan warna biru dan merah yang syahdu. Aksen menjalar yang saling bertautan dalam bentuk motif ikat melambangkan keharmonisan dan persatuan dibawah cakrawala Indonesia.
“Bisa bekerja sama dengan Didiet Maulana adalah kesempatan yang unik. Didiet telah memiliki pencapaiannya sendiri sebagai seorang desainer. Kolaborasi ini adalah bukti bahwa kita semua terhubung sebagai masyarakat global. Didiet bekerja sama dengan perusahaan yang berbasis di Singapura dan membawa desainnya untuk para konsumen di Malaysia, Singapura, Dubai, dan Eropa,” ungkap Nadja, salah satu Pendiri Lasouk.
Tidak hanya di Indonesia, koleksi ini juga akan dipasarkan di negara lain, seperti Singapura, Malaysia, dan UAE. “Untuk memasarkan koleksi sajadah ini ke pasar di luar Indonesia, kami akan bekerja sama dengan wholeseller dan distributor di masing-masing negara. Tentu saja, kami juga akan menggunakan kanal online untuk memasarkan koleksi sajadah ini,” papar Nadja.
Saat ini, sajadah Ikat Indonesia by Didiet Maulana X Lasouk bisa dibeli di www.theikatindonesia.com dan www.lasouk.com. Selain itu, koleksi sajadah ini juga dijual di berbagai Ecommerce dan Marketplace di Indonesia, seperti Tokopedia.com, JD.id, Shopee.com, Zalora.co.id, Bobobobo.com dan Amazon.ae (UAE), serta Lazada.com (Malaysia). (ar)